Kurikulum

Kurikulum Prodi MTE Universitas Mercu Buana disusun berdasarkan visi dan misi, yaitu kurikulum yang mengarah pada keunggulan dan keterkemukaan di Indonesia khususnya dalam bidang teknologi dan manajerial telekomunikasi berbasis gelombang mikro dan gelombang milimeter. Kurikulum yang saat ini berlaku ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor UMB Nomor: 01/350/B-Skep/VI/2017 tentang Kurikulum Program Studi Magister Teknik Elektro.
Kurikulum Prodi MTE mempunyai cakupan kurikulum aspek keilmuan yang dalam, ditambah dengan perkembangan aplikasi bidang keilmuan ini yang sangat cepat. Sejalan dengan waktu, dalam perkembangannya Prodi MTE diarahkan dengan tujuan untuk membentuk lulusan dengan kemampuan pengetahuan dan manajerial yang memadai agar dapat berkarir dengan baik dalam bidangnya.
Mata kuliah yang ditawarkan adalah kombinasi mata kuliah pilihan dan seminar-seminar yang dirancang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi telekomunikasi di industri. Terutama sekali alat bantu dan strategi pemanfaatan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang merupakan tujuan pokok Prodi MTE.
Kurikulum yang terdistribusi pada mata kuliah wajib program studi sebanyak 6 (enam) mata kuliah (46%), sebuah mata kuliah wajib konsentrasi (8%), 3 (tiga) mata kuliah pilihan di setiap konsentrasi (23%), seminar dan tesis, dirancang untuk mencapai tujuan khusus Prodi MTE, yaitu menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif, yang memiliki kemampuan dalam bidang teknologi dan manajerial telekomunikasi berbasis gelombang mikro dan gelombang milimeter.
Kurikulum yang dirancang juga mengkombinasikan unsur-unsur penting pendukung kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yaitu dengan  melakukan pembahasan teknologi yang ada saat ini dan kemungkinan teknologi masa depan, pembahasan bisnis dan manajemen serta peluang pengembangannya di masa yang akan datang, dan dilengkapi dengan pembahasan mengenai aturan main dan regulasi yang berlaku di Indonesia.
Dengan Mata kuliah seminar dan tesis, mahasiswa diberikan kesempatan bersama dengan dosen untuk melakukan penelitian, yang akan menumbuhkan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ipteks khususnya di bidang TIK.

Semester 1
Manajemen Bisnis ICT
Proses Random
Metodologi Penelitian
Telekomunikasi Berbasis IP

Semester 2
Manajemen Strategis ICT
CAD Gelombang Mikro
Sistem Multimedia
Simulasi Sistim Komputer
Regulasi Hukum dan ICT
Keamanan Sistem Bergerak
Teknik RF dan Gelombang Mikro
Manajemen Jaringan Telekomunikasi
Seminar ICT

Semester 3
Digital Forensik
Sistim Digital Nirkabel
Inovasi dan Daya Saing Teknologi

Semester 4
Tesis